Kamis, 24 Januari 2013

Apa itu Widget

Mungkin bagi pemula kita masih bingung sebenarnya apa sih Widget dan untuk apa fungsinya...? baiklah Admin akan menjelaskan sedikit  yang admin tau mengenai widget namun yang admin jelaskan lebih pada Widget untuk Blogspot, karena pada halaman Blogspot lebih banyak tutorial yang di berikan oleh para ahli blog, sedang admin sendiri masih Belajar.

Apa Itu Widget ;
" Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dijalankan dalam halaman web oleh pengguna akhir. Mereka berasal dari ide penggunaan berupa kode untuk perangkat lunak untuk web."

Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan widget web meliputiPortlet, gadget, lencana, modul, webjit, kapsul, snippet, mini dan serpihan. Widgets biasanya dibuat dalam DHTML, JavaScript,CSS atau Adobe Flash.

Pada web Blogspot sendiri widget memiliki Istilah yang bermacam-macam untuk widget seperti: portlet, gadget, badge, webjit, capsule, snippet, dll.

Fungsi Widget ;
Pada dasarnya setiap blog baik wordpress, blogspot  maupun halaman web lainnya sudah memiliki Widget bawaaan tapi untuk menampilkan atau mendesain halaman web para Admin atau pemilik halaman web biasanya akan menambah widget selain bawaan yang maksudnya untuk lebih memberikan kenyamanan maupun kemudahan para pembaca mendapatkan informasi dari halaman yang dikelola para Admin.

Bagaimana Menambahkan Widget...?
  • Pertama yang dilakukan adalah masuk ke Dasboard blog sobat atau langsung ke www.blogger.com itupun kalau sobat belum membuka halaman Dasboard sobat.
  • kalau sudah maka sobat buka akun blog sobat setelah itu maka akan tampil halaman Dasboard sobat  di halaman ini akan tampil menu dari halaman yang sobat kelola seperti: Ikhtisar, Pos, Laman/page, Komentar/kommen, Google+, Statistik, Tata Letak/Layout, Template.
  • untuk menambahkan widget pilih  Layout/Tata Letak  --> setelah tampil halaman Layout template kita clik Add aGadget (boleh dimana aja sesuai yang diinginkan)
  • kemudian akan tampil beberapa widget yang sudah di sediakan oleh provaider Blogspot, tinggal pilih widget mana yang ingin ditambahkan, seperti gambar di bawah ini
 

  • Tapi untuk sobat yang ingin menambahkan widgget lain atau membuat widget sendiri, sobat pilih  -->    HTML/JavaScript HTML/JavaScript Add clik tombol Tambah
  • kemudian akan tampil halaman Configure HTML/JavaScript sekarang tinggal sobat isi Pada kolom Title kosongkan saja atau beri judul sesuai keinginan dan pada kolom di bawahnya masukan kode sobat.
  • Admin merasa cukup untuk penjelasan mengenai widget karena para blogger ahli banyak juga yang sudah membahasnya, semoga penjelasan yang hanya sedikit ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.
Tutorial WIDGET yang di buat dengan cara sederhana sampai dengan mengunakan Css maupun dan kode JS, antara lain :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda suka dengan Artikel Admin silahkan memberikan komentar dan tanggapan Anda tanpa Sara dan SPAM

Translate :