Selasa, 26 Maret 2013

eror print emon 2013

di sini admin berbagi bagaimana mengatasi print error pada aplikasi e-Monitoring KL.01 tahun 2013, kemukinan sobat ada yang tau tapi dari pengalaman user dan menanggapi satker air minum nad yang mengalami permasalahan ini maka admin mencoba menuangkan solusi apabila hal ini terjadi pada sobat-sobat lainnya.

Permaslahan ini biasannya terjadi saat sobat baru saja menginstal e-Monitoring yang baru, setelah beberapa kasus yang terjadi maka admin membuat tahapan supaya aplikasi emon 2013 ini tidak mengalami permasalahan. contohnya pada saat sobat ingin mencetak dan tampil pemberitahuan seperti gambar di bawah ini


1. LANGKAH  PERTAMA

Sobat Download dulu VFPOLEDBSetup.msi  kemudian instal di laptop atau komputer sobat, kalau waktu pertama instal sudah melakukannya, langkah ini tidak usah dilakukan atau abaikan, karena menurut si empunya program, VFPOLEDB Setup. Msi ini fungsinya sebagai penyingkron atau penghubung antara data base  e-Monitoring KL.01 dengan aplikasi RKAKL Dipa. (dengan kata lain kalau belum instal ini tidak bisa restore db rkakl ).

2. LANGKAH KEDUA

Kalau sudah melakukan cara di atas belum juga bisa cetak emon maka lakukan langkah yang  paling manjur yakni coba cek Regional seting komputer  sobat, kalau komputer sobat masih format Indonesian (indonesia) maka Sobat rubah menjadi Format English (United Stated).
( usahakan tutup dulu aplikasi e-Mon sobat ya )

Gimana masih bingung, begini sob cara mudahnya:
  1. Clik Start pada komputer sobat kalau windows sobat Windows7 Clik logo Bulat yang bergambar bendera di sebelah kiri bawah kemudian Clik Control Panel, seperti gambar di bawah.
  2. Kalau sudah masuk ke lembar Adjust your computer's seeting pilih  Regional And Language, seperti tampilan gambar di bawah
  3. kemudian kalau sudah tampil lembar Regional And Language pada kolom Format rubah format Indonesian (indonesia) menjadi Format English (United Stated). kemudian clik OK. contoh pada gambar di bawah
  4. kemudian coba tes cetak.
Sekian dulu tips yang bisa Admin paparkan dan tentunya sebatas kemampuan admin, semoga bermanfaat bagi sobat semua,  kalau ada dari sobat yang ingin share masalah atau solusi seputar aplikasi emonitoring ataupun aplikasi SAI, RKAKL Dipa ataupun SIMAK BMN silahkan kirim melalui Saran dan Pesan ini.