Rabu, 17 April 2013

WORKSHOP TOT Emonitoring, DAK dan Eprocurement 2013


Kepala Dinas CiptaKarya Aceh Ir. Hasanuddin, MSi pagi ini membuka acara workshop TOT e-Monitoring Reguler, DAK dan e-procurement yang digelar oleh Satuan Kerja Perencanaan dan Pengendalian Program InfrastrukturPermukiman Prov. NAD yang di ikuti oleh 75 peserta dari masing-masing Kabupaten/Kota. Acaraworkshop berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15 Maret s/d 17 Maret 2013 di Hotel Oasis.



Dalam kata sambutannya, " Kadis Cipta Karya menekankan pentingnya acara tersebut dengan tujuan sinkronisasi antara Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat tercapai khususnya dalam bidang Kecipta-Karyaan ".

Workshop tersebut terbagi kedalam dua grup. Grup pertama mengikuti pelatihan dan penajaman khususnya dalam bidang e-monitoring regular dan e-procurement, grupkeduamengikutipelatihan e-monitoring DAK (Dana AlokasiKhusus). Peserta yang hadirsebagianadalah operator dan juga dihadiri oleh para Kabid dan Kadis dari beberapa Kabupaten/Kota.

Sebagian Operator merupakanmuka lama dalamdunia e-monitoring regular sehingga tidak mengalami kesulitan dalam penyampaian materi.Namun, sangat disayangkan dalam acara e-monitoring DAK, beberapa operator merupakan muka baru, sehingga dalam penyampaian materi sedikit terkendala dan harus mengulang kembali dasar dari pengalokasian Dana Khusus tersebut.

Hasil wawancara dari beberapa peserta workshop, keluhan peserta terhadap aplikasi sangatlah dominan, pengaruh dari gagalnya aplikasi berdampak terhadap in-konsistennya kinerja operator di Kabupaten/Kota sehingga pelaporan menjadi terhambat dan tidak tepat waktu. Harapan besar dari peserta workshop kedepannya, agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan harapan. Banda Aceh, 16 April 2014 ;-Tim Jurnalis RANDAL NAD(Dody-Darmawan)